Selamat Datang di Web Resmi SDSK Marie Joseph Pontianak

KONGREGASI FRANSISKANES SAMBAS [KFS]


Tanggal 11 Juni merupakan hari istimewa bagi para suster Kongregasi Fransiskanes Sambas, karena hari ini adalah Hari Raya bagi mereka: “Hari Jadi Kongregasi”.

Kongregasi Fransiskanes Sambas (KFS) berasal dari Kongregasi Fransiskanes Peniten Rekolektine yang berkedudukan di Etten Leur, negeri Belanda. Pendiri kongregasi biarawati ini adalah Muder Marie Joseph Raymakers pada tanggal 19 Maret 1820. Kongregasi yang berstatus Keuskupan (Diosesan) ini berada di wilayah Keuskupan Breda.

Tujuan pendirian kongregasi ini adalah untuk menguduskan diri sendiri dan para anggotanya. Spiritualitas yang diwariskan oleh Muder Marie Joseph kepada para susternya mencerminkan sifat-sifat khas kongregasinya: (1) Cinta kasih Kristiani; (2) Kesederhanaan Kristiani yang tulus; (3) Kerajinan dalam bekerja; (4) Penyangkalan diri (askese) sebagai tanda pembaharuan; dan (5) Semangat doa. Muder Marie Joseph sendiri dikenal oleh para suster kongregasinya sebagai seorang biarawati yang teguh dalam doa dan tapa, sederhana penuh kasih, dan hidupnya ikhlas dibaktikan kepada pencaharian kehendak Tuhan dan kebahagiaan sesama.

Pada tahun 1924 kongregasi di Belanda mengutus enam orang misionarisnya yang pertama ke Indonesia (Hindia Belanda pada waktu itu), yaitu Muder Sophie, Sr. Leontine, Sr. Elizabeth, Sr. Rosa, Sr. Eudoxia dan Sr. Aquina.  Keenam orang suster misionaris ini adalah para perintis atau pelopor untuk perkembangan selanjutnya dari kongregasi ini. Kongregasi ini di Indonesia berpusat di Sambas, Kalimantan Barat. Itulah memang tempat tinggal mereka yang pertama ketika menginjakkan kaki di bumi Indonesia.

Dalam pertumbuhannya, kongregasi induk di Etten Leur mengambil bagian secara aktif dalam karya-karya pelayanan Gerejawi, baik di Belanda maupun di daerah-daerah misi (a.l. di Congo/Zaire). Karya pelayanan dalam bidang pendidikan di Indonesia dimulai sejak 1 Agustus 1924. Disamping bidang pendidikan, para suster KFS juga melakukan karya pelayanan dalam bidang perawatan/kesehatan, katekese/pastoral dan bidang sosial seperti perawatan/pemeliharaan orang lansia dan anak-anak cacat.

Pada tanggal 13 September 1956 didirikanlah Yayasan Amkur (singkatan dari Amal Kurban) untuk melanjutkan karya di bidang pendidikan dari para suster yang  telah dimulai sejak 1 Agustus 1924 itu. Karya Yayasan Amkur di bidang pendidikan ini telah menyebar ke banyak tempat, yang dimulai dari Sambas, Kalimantan Barat: Pemangkat, Bengkayang, Menjalin, Batang Tarang, Ngabang, Sekura, Sei. Pinyuh dan Flores. Karya-karya sosial Yayasan Amkur di bidang sosial telah menyebar ke banyak tempat: Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Agung Pontianak, Keuskupan Agung Ende dan Keuskupan Sanggau.

Pada tanggal 10 Januari 2004 dibukalah Sekolah [TK-SD-SMP-SMA] Marie Joseph di Jakarta. Mottonya: CERDAS, KREATIF, MANDIRI DAN BERBUDI LUHUR.

Bagi para pemudi Indonesia yang oleh bimbingan Roh mengunjungi situs PAX ET BONUM ini dan merasa terpanggil untuk melayani Tuhan sebagai biarawati, KFS adalah salah satu pilihan. Anda dapat menghubungi Komunitas Laverna, Jalan Gusti Hamzah. Gang Pancasila V/14-B, Pontianak 78116. Telepon: (0561)736074; Fax: (0561) 768850. Apabila anda penduduk DKI, hubungi saja Susteran KFS, Jalan Janur Elok IV, Blok QC 8 No. 12A, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara 14240. Telepon: (021)4522827

Cilandak, 10 Juni 2011

Disusun dari beberapa sumber oleh: Sdr. F.X. Indrapradja, OFS
Share this post :

Posting Komentar

Pendaftaran siswa baru dapat menghubungi Telp. (0561)745-134; Sdr. Fransesco A.R.,OFS: 0852-4987-7227; Sr. Maria Mediatrix,KFS: 0812-5065-0022; Sdr. Emanuel Hongky Hadianto, OFS: 0853-4502-3001

IG: @sdmariejosephpnk

Arsip Blog

Dindikptk


Statistik Blog

KIRIMAN SEBELUMNYA

 
Support : Fransesco Agnes Ranubaya,S.Kom. | Facebook | SD Marie Joseph Pnk
Copyright © 2015. SD Marie Joseph Pontianak - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by Fransesco Agnes Ranubaya,S.Kom.
Proudly powered by Blogger