Selamat Datang di Web Resmi SDSK Marie Joseph Pontianak

Camping di SD Swasta Katolik Marie Joseph

Pramuka merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat membangun karakter anak bangsa dalam mencintai negeri, alam dan sang pencipta. Di dalam kegiatan pramuka, anak-anak diajarkan berbagai hal berkenaan dengan sopan santun, tata krama, cinta tanah air, patriotisme, mental spiritual dan pancasilais. Karena kedekatan para anggota pramuka dengan berbagai hal di dalam kehidupan, khususnya lingkungan hidup, ekosistem, dan alam sekitar, kedekatan bersama alam bukan hal asing bagi seorang anggota pramuka. Dengan menjunjung sikap cinta kepada tanah air, anak dapat sungguh memahami bahwa keterampilan-keterampilan yang diajarkan di dalam pramuka benar dapat dimanfaatkan dan diterapkan di lingkungan hidup mereka sehari-hari. 

Pada tanggal 12 Juni 2016, Sekolah Dasar Swasta Katolik Marie Joseph Pontianak mengadakan Camping pramuka bagi anak-anak Sekolah Dasar. Kegiatan yang dilaksanakan oleh suster kepala Sekolah Marie Joseph ini merupakan salah satu wujud kepedulian suster kepada anak-anak untuk mengembangkan pribadi dan karakter siswa melalui kegiatan pramuka sejak dini. Meskipun, SD Swasta Katolik Marie Joseph merupakan sekolah yang baru, namun sekolah telah memperhatikan dengan amat seksama bahwa pramuka merupakan sebuah kebutuhan yang tak dapat terelakkan. Di bawah Kongregasi Fransiskanes Sambas (KFS), sekolah AMKUR yang telah berdiri sebelumnya, menunjukkan langkah optimis untuk membentuk sekolah baru lainnya dengan kualitas pendidikan yang terjamin. Sekolah Dasar Marie Joseph Jakarta adalah salah satu sekolah favorite yang berada di ibu kota negara yang juga merupakan anak cabang dari Yayasan Amal dan Kurban (AMKUR). Dengan visi dan misi serupa, Sekolah-sekolah AMKUR sangat memperdulikan kebutuhan-kebutuhan di dalam pendidikan anak sejak dini. Camping pramuka juga merupakan sebuah program andalan sekolah yang menjadi ujung tombak dalam misi membangun karakter siswa yang cerdas, berkualitas dan cinta pada tanah air. Sejak kecil telah ditanamkan benih patriotisme, sehingga harapan ke depan insan Sekolah Marie Joseph dapat menjadi pelopor perkembangan peradaban yang relevan dengan tujuan negara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Camping pramuka yang telah dilaksanakan sejak pendirian sekolah tahun lalu ini menjadi program favorite di kalangan siswa. Apalagi pengalaman-pengalaman yang menarik yang pernah dialami siswa, membuat suatu kerinduan dengan moment bersama, akrab satu sama lain. Kegiatan yang dilaksanakan umumnya adalah kreativitas yang telah dipelajari dalam kegiatan ekstra kulikuler pramuka. Hal-hal sederhana yakni dengan memperkenalkan siswa kepada alam sekitar dengan mengenal berbagai macam tumbuh-tumbuhan, hewan dan lingkungan hidup. Selain itu, kreativitas semacam sandi-sandi yang harus diketahui siswa dalam mengkomunikasikan suatu informasi ke dalam proyeksi yang lebih rahasia, cara mendirikan tenda yang baik dan benar, praktik hidup disiplin, Pembelajaran Baris Berbaris (PBB), pancasila dan sopan santun. Hal ini sangat berpengaruh besar dalam perkembangan kepribadian siswa. Mereka tidak hanya diajarkan di sekolah bagaimana dapat menggunakan kecerdasan intelektual, tetapi juga bagaimana mengatur diri mereka sendiri dalam meningkatkan kecerdasan emosional.   

Tak lama setelah pelaksanaan Camping, SD Swasta Katolik Marie Joseph akan melaksanakan pembagian rapor serta pemberkatan sekolah di gedung yang baru. SD Marie Joseph nantinya akan pindah di alamat baru di Jalan Pancasila no. 14 B bersama dengan PAUD Marie Joseph di dalam satu gedung. SD Marie Joseph nantinya akan berada di lantai dua sedangkan PAUD Marie Joseph berada di lantai bawah. Hal ini juga menjadi angin segar bahwa Dinas Pendidikan menganggap dengan positif karya pelayanan suster Kongregasi Fransiskanes Sambas (KFS) dalam mengembangkan pendidikan di daerah Pontianak Kota. Sejak dikeluarkannya izin operasional, maka SD Swasta Katolik Marie Joseph semakin mantap dalam mengembangkan pendidikan di sekitarnya. Pemberkatan akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2016 di gedung yang baru. Harapan yang jelas bahwa Tuhan akan senantiasa memberkati pengabdian semua pihak yang melayani di bawah payung Kongregasi Fransiskanes Sambas (KFS). Dengan adanya gedung yang baru ini,  semoga pelayanan para pengajar, staf karyawan akan semakin ditingkatkan demi suksnya visi dan misi sekolah bagi masyakarakat.  Tentu, kegiatan positif seperti pramuka, akan mendapat imbas positif dengan sarana dan prasarana yang telah diperbaharui nantinya. (Sdr. Fransesco Agnes Ranubaya, OFS)

Share this post :

Posting Komentar

Dindikptk


Formulir Pendaftaran

Formulir Pendaftaran
Untuk Mengisi Formulir Pendaftaran Silahkan Klik Link di Bawah Ini

Pendaftaran siswa baru dapat menghubungi Telp. (0561)745-134; Sdr. Fransesco A.R.,OFS: 0852-4987-7227; Sr. Maria Mediatrix,KFS: 0812-5065-0022; Sdr. Emanuel Hongky Hadianto, OFS: 0853-4502-3001

IG: @sdmariejosephpnk

Arsip Blog

Statistik Blog

 
Support : Fransesco Agnes Ranubaya,S.Kom. | Facebook | SD Marie Joseph Pnk
Copyright © 2015. SD Marie Joseph Pontianak - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by Fransesco Agnes Ranubaya,S.Kom.
Proudly powered by Blogger